Ensiklopedi

Wolff Telegraphic Bureau - kantor berita Jerman -

Wolff Telegraphic Bureau (WTB) , German Wolffsche Telegraphenbüro , kantor berita Jerman didirikan pada tahun 1849 oleh dokter Bernhard Wolff. Dibentuk tak lama setelah kantor berita Havas dan Reuters, WTB menjabat sebagai kantor berita utama Jerman dan merupakan salah satu dari sedikit layanan berita internasional selama sekitar 75 tahun.

Origins

Wolff menjadi tertarik pada kantor berita setelah bekerja sebagai penerjemah berita medis dan keuangan untuk Agence Havas di Paris pada tahun 1847 dan 1848. Ia kembali pada tahun 1849 ke Berlin, di mana ia bekerja sebagai editor sebuah surat kabar dan membentuk koperasi berita keuangannya sendiri, Berlin Telegraphische Anstalt. Koperasi itu lebih awal memanfaatkan jaringan penyebaran jalur telegraf listrik, meskipun sebagian besar klien awal Wolff adalah bank dan bisnis lain, bukan surat kabar. Mengambil alih beberapa pesaing yang lebih kecil, Wolff memperluas operasinya untuk meliput berita umum pada tahun 1855 dan menerima klien surat kabar. Pada 1859 Wolff bertukar berita dengan Havas dan Reuters. Operasi tersebut mengalami beberapa kali perubahan nama, akhirnya menjadi Wolffsche Telegraphenbüro (WTB).

Pemerintah Prusia mulai menyumbangkan beberapa dukungan keuangan (dan melakukan kontrol tidak langsung) pada tahun 1865. Sebuah perjanjian rahasia tahun 1869 antara pemerintah dan WTB memberikan prioritas terakhir penggunaan jaringan kabel telegraf Jerman yang meluas, sebagai imbalannya Prusia memperoleh beberapa derajat kendali atas berita politik yang dikirim dan bahkan perekrutan staf. Dengan demikian, kantor berita menjadi instrumen kebijakan resmi Prusia secara efektif, meskipun ia juga mendapatkan keunggulan dalam menerbitkan berita resmi. Wolff pensiun sebagai direktur pelaksana pada tahun 1871.

Kartel berita

Pada tahun 1856 WTB menandatangani perjanjian pertukaran dengan Havas di Perancis dan Reuters di Inggris untuk berbagi berita keuangan dari negara masing-masing. Kerja sama mereka segera meluas ke berita yang lebih umum, dan pada tahun 1874 mereka setuju untuk membuat kantor bersama di Brasil, Argentina, dan Uruguay.

Pada tahun 1870, ketiga agen tersebut telah membentuk kartel berita kooperatif, yang segera dijuluki "Cincin". Dengan masing-masing badan bertanggung jawab atas bagian dunia tertentu (WTB mencakup Austria-Hongaria, Rusia, dan Skandinavia), kartel dengan demikian menghilangkan pelaporan yang tumpang tindih dan biaya terkait. Selama bertahun-tahun, WTB mengendalikan biro berita nasional di Swedia dan Norwegia. Menjadi yang terkecil dari ketiganya, WTB tunduk pada persetujuan mitranya untuk setiap perluasan layanannya — yang dibayar mahal. Ketiganya memanfaatkan jaringan kabel bawah laut dan telegrafi darat yang tumbuh secara efektif dan karenanya sering disebut layanan "kabel". Dengan beberapa perubahan, perjanjian kartel diperbarui pada tahun 1890 dan kembali pada tahun 1914.

Menurun

Secara bertahap, pada pergantian abad ke-20, WTB dipandang sebagai badan pemerintah Prusia, dan kemudian Jerman. Dengan pecahnya Perang Dunia I pada bulan Agustus 1914, badan tersebut terputus dari sumber berita biasa dan banyak kliennya ketika semua kabel bawah laut Jerman dipotong oleh Sekutu. Semakin melemahkan peran nasionalnya yang dulu kuat, pemerintah Jerman mendirikan biro berita nirkabel terpisah, Transocean, pada tahun 1915. WTB berada di bawah kendali penuh pemerintah dari tahun 1917 hingga 1919. Hilangnya perang, pendudukan Jerman selanjutnya, dan kekacauan ekonomi sangat melemah WTB selama Republik Weimar tahun 1920-an. Persaingan yang meningkat juga berkontribusi pada penurunannya, karena Reuters dan Havas kemudian melayani banyak wilayah non-Jermannya.

WTB mengalami reli singkat di awal tahun 1930-an karena teknologi nirkabel memungkinkan pengiriman berita yang lebih efisien. Pada tahun 1932, pelanggan surat kabar yang lebih besar menggunakan teleprinters yang dilayani oleh sistem radio beberapa alamat. WTB menerjunkan sejumlah besar reporter di luar Jerman dan mendistribusikan banyak layanan berita khusus (termasuk untuk keuangan, olahraga, dan editorial) di dalam negeri.

Namun, WTB secara efektif ditutup pada tahun 1933 oleh rezim Nazi yang baru dan digantikan oleh Deutsches Nachrichtenbüro yang dikendalikan pemerintah. Dengan konten propagandanya yang semakin terbuka, badan baru tersebut membantu menyelesaikan kehancuran kartel The Ring dengan Havas dan Reuters.