Ensiklopedi

Royal Commission on the Press - organisasi Inggris -

Royal Commission on the Press (RCP) , salah satu dari tiga kelompok yang ditunjuk oleh pemerintah Inggris Raya pada abad ke-20 (1947–49; 1961–62; 1974–77) untuk menyelidiki masalah standar pers dan konsentrasi kepemilikan dan untuk membuat rekomendasi perbaikan di bidang tersebut. Nasihat mereka berfokus pada reformasi yang diatur sendiri dan langkah-langkah antimonopoli dan dianggap sebagai yang terutama memperkuat status quo. Konservatisme itu sebagian besar dihasilkan dari pengaruh kuat tradisi liberal, dengan penekanannya pada perlindungan pers dari campur tangan negara. Selain itu, pemerintah Inggris berturut-turut gagal untuk memberlakukan rekomendasi yang lebih reformis.

RCP pertama diadakan, setelah beberapa desakan oleh Persatuan Jurnalis Nasional, untuk mengkaji pengaruh kepemilikan media yang terkonsentrasi pada kebebasan berekspresi jurnalistik. Laporan komisi tahun 1949 menyatakan bahwa "usaha bebas adalah prasyarat dari Pers yang bebas". Disimpulkan bahwa, meskipun ada masalah dengan monopoli lokal dan kepemilikan rantai, "tingkat konsentrasi ... tidak terlalu besar untuk mengurangi kebebasan berekspresi pendapat atau penyajian berita yang akurat." Namun, direkomendasikan agar akuisisi dan merger dipantau.

Pada tahun 1962, terlihat jelas bahwa optimisme laporan tersebut mengenai efektivitas pengaturan sendiri telah salah tempat. Komisi kedua, yang berfokus pada "faktor ekonomi dan keuangan yang mempengaruhi produksi dan penjualan surat kabar, majalah, dan terbitan berkala lainnya di Inggris", mencapai kesimpulan bahwa, mengingat ekonomi produksi dan penjualan, kontraksi lebih lanjut dari judul dan konsentrasi semuanya tidak bisa dihindari. Namun, ia menolak bantuan keuangan pemerintah untuk surat kabar dan malah merekomendasikan agar pemerintah menyetujui akuisisi pers yang diusulkan oleh kelompok besar. Ia juga menyatakan bahwa kepemilikan pers di perusahaan penyiaran "bertentangan dengan kepentingan umum".

Komisi ketiga, dalam kesimpulannya pada tahun 1977, melaporkan penurunan lebih lanjut dalam keragaman surat kabar, terutama karena biaya masuk yang tinggi dan ekonomi konsolidasi. Berangkat dari rekomendasi pemberitaan sebelumnya, juga mengacu pada perlunya melindungi redaktur dan jurnalis dari pemilik dan menekankan pentingnya menjaga kebebasan memilih publik. Namun, itu mengesampingkan segala bentuk bantuan pemerintah. Sebaliknya, ia merekomendasikan rujukan lebih banyak kasus ke Komisi Monopoli dan Merger, pengetatan uji persetujuan (yang diabaikan), dan pembatasan kepemilikan saham pers dalam penyiaran. Rekomendasi itu diberlakukan dalam Undang-undang Penyiaran tahun 1981 tetapi dilonggarkan pada tahun 1990-an.

Terkait kinerja pers, RCP secara konsisten menjunjung tinggi prinsip swa-regulasi. Komisi pertama merekomendasikan pembentukan dewan umum untuk menangani pertanyaan tentang standar dan pelatihan serta untuk mempromosikan penelitian pers. Dewan Umum Pers dibentuk hanya pada tahun 1953 dan hanya terdiri dari editor surat kabar dan didanai oleh pemilik surat kabar. Komisi kedua mengkritik dewan dan merekomendasikan masuknya anggota dari luar industri surat kabar. Badan pengawas kemudian direformasi menjadi Dewan Pers, yang terdiri dari seperlima anggota awam. Komisi ketiga tetap kritis terhadap pekerjaan badan tersebut, terutama dalam menangani pengaduan yang dibuat terhadap surat kabar. Ia merekomendasikan "perubahan yang luas" dalam komposisi, pendanaan, dan operasinya,tetapi dewan gagal untuk mereformasi dan tidak pernah mencapai tujuannya. Di tengah ancaman baru peraturan perundang-undangan, terutama karena pelanggaran privasi tabloid, dewan tersebut diganti pada tahun 1991 oleh Komisi Keluhan Pers (PCC). PCC, dalam kewenangannya yang lebih terbatas, umumnya dianggap sebagai regulator mandiri yang agak lebih efektif daripada pendahulunya.

RCP dan rekomendasinya menghasilkan sedikit perubahan. Meskipun pertanyaan selanjutnya memeriksa pers dan tagihan pribadi yang menyerukan undang-undang, pers di Inggris masih, tidak seperti penyiaran, sebagian besar diatur sendiri. Lebih jauh, RCP berdampak kecil pada pengembangan profesionalisasi dan budaya layanan publik.

Kepercayaan publik terhadap pers Inggris tetap rendah selama era PCC, tetapi mencapai titik nadir dengan skandal peretasan telepon tahun 2011 yang melibatkan surat kabar terlaris negara itu, News of the World . Terungkap bahwa editor surat kabar, yang dimiliki oleh Rupert Murdoch's News Corporation Ltd., telah menyadap pesan suara dari ribuan tokoh publik dan pembuat berita lainnya untuk mendapatkan informasi pribadi. Skandal yang diakibatkannya mengarah pada penyelidikan publik yang dipimpin oleh Lord Justice Brian Leveson dan pada pembentukan berikutnya dari kelompok pengawas pemerintah baru yang akan memberikan kekuatan hukum kepada regulator pers. Penerbit surat kabar keberatan dengan alasan bahwa pengawasan politik terhadap regulasi media pada dasarnya tidak sesuai dengan kebebasan pers.